Layanan Telematika
Layanan telematika merupakan sebuah layanan yang
dilakukan melalui jaringan telekomunikasi, yaitu layanan yang disediakan
melalui perpaduan antara komunikasi, media dan teknologi informasi. Berikut
penjelasan berbagai macam layanan telematika yang terdiri dari :
Layanan yang pertama adalah layanan informasi. Layanan ini memberikan
kemudahan untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan sebagai penunjang
keputusan, memberikan wawasan sehingga dapat menggunakan informasi untuk
mengatasi kesulitan yang dihadapi. Contoh dari layanan telematika di bidang
informasi :
- Laporan Cuaca (Weather) layanan yang memberikan laporan tentang informasi cuaca.
- Bursa Efek Jakarta (Jakarta Stock Exchange) layanan memberikan informasi yang lebih lengkap tentang perkembangan bursa kepada publik.
Layanan yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan yang memberikan fasilitas
keamanan untuk menjaga suatu data dan informasi pada jaringan sehingga berjalan
pada tempatnya. Contoh dari layanan telematika di bidang keamanan :
- Antivirus memberikan keamanan untuk menangkal dari serangan virus.
- Internet Security mengamankan komputer dari ancaman akses koneksi lewat internet.
Context-awareness
merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu
kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network
itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu.
Beberapa konteks yang dapat digunakan yaitu data dasar user, lokasi user,
berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan
user. Contoh dari layanan telematika context aware & event
based :
- Location-based service mencari data lokasi dimana posisi keberadaan user sekarang berada.
Layanan
perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia
(SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan
dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang,
pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga
pendidikan, dan masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya manusia
di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan
pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital,
kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Sumber :
0 komentar: