Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia
Definisi Antar Muka dan
Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia
Antar muka (interface) adalah
salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi
antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi
yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu
Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).
Kolaborasi antar muka otomotif
multimedia adalah dalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menciptakan
standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat
elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer dan alat komunikasi kendaraan atau
computer dan radio dalam mobil. Setiap perangkat elektronik yang dipasang belum
tentu cocok dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik atau multimedia bisa
saja mengganggu sistem keselamatan dan system-sistem lain di dalam kendaraan.
Itulah kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.
Kolaborasi antar muka otomotif
multimedia adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menciptakan
standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat
elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer dan alat komunikasi kendaraan atau
computer dan radio dalam mobil. Satip alat elektronik itu harus dapat bekerja
dengan selaras sehingga kendaraan dapat lebih handal.
Setiap perangkat elektronik yang dipasang belum tentu
cocok dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik atau multimedia bis saja
mengganggu system keselamatan dan system-sistem lain di dalam kendaraan. Itulah
kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.
Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C)
sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan,
PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan dan men-standarisasi
antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum untuk jaringan
komunikasi kendaraan. Dan 40 pemasok elektronik mendaftarkan diri untuk menulis
standar. Mereka berpendapat untuk menulis standar diperlukan waktu selama 2
tahun. Tapi dua tahun adalah masa di telematika. Penyelenggara elektronik,
ponsel, komputer dan peralatan video yang akan menggunakan koneksi dapat
melewati beberapa generasi dalam waktu itu.
Standar-standar akan memungkinkan sebuah pasar
plug-and-play global untuk perangkat elektronik yang akan dipasang di kendaraan
dengan kemudahan yang sama dengan melampirkan pheriperal komputer pribadi.
Sejarah AMIC (Automotive Multimedia
Interface Colaboration)
The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC)
didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian
spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan
bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di
dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General
Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan
demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set umum
industri mobil.
Untuk berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di
belakang rumah dan perangkat komputasi mobile ketika datang ke alat
produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan, biaya, dan desain waktu
memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda penerimaan teknologi baru.
Makalah membahas otomotif standar untuk antarmuka multimedia. Organisasi
seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C) memiliki kesempatan
untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya standardisasi.
Depan yang berbeda, The Otomotif Multimedia Interface
Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia cipta penugasan dari 1394
spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394 AMI-C berikut dokumen
sekarang milik 1394TA:
- AMI-C 3023 Power Management Specification
- AMI-C 3013 Power Management Architecture
- AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
- AMI-C 3034 Power Management Test Documents
- AMI-C 4001 Revision Physical Speci .cation.
Tujuan dan Fungsional Kolaborasi
Antarmuka Otomotif Multimedia Telematika :
- Menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi – dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
- Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
- Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan – industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
- Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
Implementasi Otomotive Multimedia di
Berbagai Bidang
1. Dalam Bidang
Industri Mobil :
Pengembangan serangkaian spesifikasi umum untuk
multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk
mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam
kendaraan. Inisiatif ini dilakukan oleh pendiri BMW, DaimlerChrysler, Ford,
Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen,
Renault, Toyota, dan VW.
2. Dalam Bidang
Bisnis :
o
Company Profile
o
Presentasi Bisnis
o
Simulasi atau demonstrasi produk
3. Dalam Bidang
kesehatan :
o Simulasi
anggota tubuh seperti otak, usus, paru-paru
o Simulasi
bakteri, virus, cara kerja penyakiT
o Media
penyuluhan kesehatan
Sumber :
0 komentar: